Kue Sus Isi Vla Vanila Susu. Garing Diluar Lembut Di Dalam

;
Karena banyak orang kreatif, kini kue sus isi vla vanila susu tak melulu mempertahankan bentuk bulatnya. Karena kini kue sus juga ada yang berbentuk angsa, kue sus tiger / kue sus Jepang, sus keong, kue sus mini, bulat lonjong layaknya kue manis dan kue sus goreng. Selain kue sus basah yang di isi vla aneka rasa dari vla susu, vla straweberry, vla coklat, vla pandan, vla anggur dan lain sebagainya. Saat ini juga terdapat resep kue sus kering keju dengan tekstur crispy yang cocok untuk camilan gurih.


Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Kue Sus Isi Vla Vanila Susu yang garing diluar, lembut dan dingin di dalam yang patut untuk dicoba.

Bahan kulit kue sus:
  • Air 220 mili liter
  • Margarine 125 gram
  • Tepung terigu 150 gram
  • Telur 3 butir (jika telurnya kecil bisa pakai 4 butir)
  • Gula pasir 1 sendok makan

Bahan vla vanila susu:
  • Susu UHT 650 mili liter
  • Tepung maizena 60 gram
  • Kuning telur 2 buah
  • Vanila susu secukupnya
  • Gula pasir 150 gram
  • Garam secukupnya
  • Margarine 1 sendok makan
  • Tepung custard 1 sendok makan (optional)

Cara membuat kue sus isi vanila susu:
Kulit Kue Sus: 
  1. Siapkan semua bahan kulit sus, untuk gula pasirnya saya skip biar rasanya lebih gurih. Kalau suka yang ada manis gurihnya silahkan palai gula pasirnya juga. Suka-suka saja ya bun!
  2. Selanjutnya siapkan panci, tuangi air lalu masukkan margarinny, didihkan. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga campuran terpung terigu dan air margarin tercampur dengan baik, tidak ada gumpalan dan kalis (tidak menempel di dinding panci), jangan lupa gunakan api kecil saja, matangkan, angkat dan dinginkan sampai suam suam kuku.
  3. Ketika adonan mulai hangat ke dingin, aduk sebentar adonan dengan mixer kecepatan sedang saja sampai menjadi butiran-butiran dan rata. Masukkan telur satu per satu, sambil terus di mixer. Ketika telur terakhir dimasukkan baru deh kecepatannya ditambah satu atau dua tingkat karena kalau kecepatan rendah nanti mixer agak berat dan takut patah :).
  4. Mikser adonan sampai adonan menjadi kental, padat dan bila adonan dirasakan terlalu cair, diamkan didalam kulkas terlebih dahulu selama 5-10 menit hingga set lalu keluarkan dan baru dicetak dengan catatan diamkan dulu dalam suhu ruang.
  5. Siapkan piping bag (segitiga), spuit bulat atau spuit 1 M (saya pakai 2D). Masukan adona ke dalam piping bag, lalu semprotkan adonan di kertas bakar yang sebelumnya di olesi dengan margarine. Atau bisa juga langsung dicetak ke dalam loyang yang sebelumnya di olesi margarine agar nanti gampang dilepas. Jangan lupa sebelum mencetak panaskan terlebih dahulu ovennya di suhu 200 derajat celcius.
  6. Setelah selesai mencetak dan panas oven sudah mencapai suhu 200 derajat celcius, jangan lupa masukkan loyang berisi air untuk mencegah gosong pada bagian bawah kue sus. Oven jangan dibuka-buka selama hampir 25-30 menitan atau sampai buih-buih pada kue soes menghilang atau tergantung pada oven masing-masing.

Vla Vanila Susu: 
  1. Sambil menunggu kue matang, siapkan bahan untuk vla. Kemudian ambil sedikit susu lalu masukkan kuning telur. Aduk perlahan sampai kuning telur tercampur dengan rata menggunakan whisk. Tambahkan tepung maizena, aduk rata kembali.
  2. Selanjutnya panakan sisa susu, tambahkan tepung custard jika pakai, aduk perlahan. Tambahkan vanila susu bubuk, gula pasir dan garam, aduk kembali secara perlahan. Bila susu sudah berbuih kecil-kecil dipinggirannya segera masukkan campuran susu dan kuning telur ke dalam adonan, aduk agak cepat karena akan segera mengental, gunakan api kecil supaya tidak gosong dan masak sampai meletup.
  3. Terakhir masukkan margarine kedalamnya, aduk cepat dan bila sudah tercampur rata, dinginkan adonan. Hasil adonan jadi kekuningan ya bun, kalau tidak mau dicampur margarin juga tak apa ya bun. angkat, dinginkan.


Penyelesaian membuat kue sus isi vla vanila susu:
  1. Sus yang sempurna adalah ketika kue soes itu berongga atau kopong ya bun.
  2. Siapkan kulit kue sus, lubangi atau sobek dengan gunting, beri isian vla yang sudah dingin dengan menggunakan plastik piping bag supaya isian rapi dan tidak meleber kemana-mana.

Cukup mudah bukan membuat kue sus homemade sendiri di rumah? 

TIPS DAN KUNCI SUKSES MEMBUAT KUE SUS ISI VLA VANILA SUSU :
  1. Agar hasil kulit susnya bagus, ketika terigu akan dimasukkan, pastikan adonan air dan margarine sudah benar-benar mendidih. Dan terigu langsung masukkan semua ya, jangan bertahap nanti bisa menggumpal.
  2. Kemudian sebelum masukkan telur ke dalam adonan pastikan kalau adonan sudah hangat ke dingin (suam suam kuku). Kenapa? Soalnya kalau adonan belum didiamkan dulu dan ketika adonan masih panas terus dimasukkan telur maka telur akan menjadi matang.
  3. Tips berikutnya agar adonan tidak meleber kemana-kemana ketika di masukan ke dalam piping bag, caranya masukkan plastik piping bag ke dalam gelas lalu ambil adonan dengan menggunakan sendok. Jadi ringkas deh kalau menggunakan gelas, dan tidak berceceran dimana-mana adonannya.
  4. Jangan lupa panaskan oven di suhu 200 derajat celcius ketika sedang mencetak adonan. Untuk mencegah kue gosong, ketika memanggang alasi loyang berisi adonan kue dengan loyang yang berisi air dibawahnya. Jadi menggunakan teknik Au ben Marie ya.

Itu dia Bahan-bahan, Step By Step, Tips dan Kunci Sukses Membuat Kue Sus Isi Vanila Susu rumahan dengan tesktur renyah diluar dan lembut didalamnya. Kalau bunda punya bisnis makanan rumahan, menurut saya hasil dari resep dan cara membuat kue sus vanila susu ini layak untuk dijajakan. Dijamin deh, pelanggan pasti suka. Soalnya ueeenakkk banget, keluarga saya juga suka 🙂

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Kue Sus Isi Vla Vanila Susu, Garing Diluar Lembut Di Dalam. Untuk vla atau isian bisa disesuaikan dengan selera ya, mulai dari vla chococlate, vla green tea, trawberry, nuttela, keju, bawang kering dan lain sebagainya seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Sumber : resepasik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kue Sus Isi Vla Vanila Susu. Garing Diluar Lembut Di Dalam"

Poskan Komentar